Kopi Ethek ,Tradisi Unik Barter Gabah Dengan Secangkir Kopi Masih Lestari Di Ponorogo - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Selasa, 09 Maret 2021

Kopi Ethek ,Tradisi Unik Barter Gabah Dengan Secangkir Kopi Masih Lestari Di Ponorogo









Ponorogo Conexnews-id Desa Pijeran kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo,mempunyai tradisi unik yang masih di lestarikan sampai sekarang yang merupakan kebiasaan turun menurun .Di jaman modern era digital dengan sistem penjualan Daring, ternyata di desa ini masih ada kegiatan jual beli system barter ( tukar barang) ,yang menjadi aneh lagi yang dibarter adalah kopi dan jajanan ditukar gabah hasil panen.


 


 

Namanya pedagang Kopi Ethek sebutan penjual kopi keliling ini .saat musim panen tiba dengan keliling ke persawahan menjajakan dagangan dan melakukan transaksi system barter dengan petani. Ciri unik penjual kopi Ethek adalah ukuran jajanan yang di jajakan mempunyai ukuran Jumbo,gorengan besar besar lain dari pada yang di jual di warung warung kampung.

Kegiatan Kopi Ethek ini sudah ada sejak jaman kakek buyut dulu, mungkin yang masih lestari di desa Pijeran ini. Jumlah pedagang kopi ada sekitar 4-5 orang. Sudah dibagi bagi area jualan nya' tutur salah satu pelaku penjaja kopi Ethek sebut saja

' mbah Samin, pria berumur lebih dari setengah abad ini , menuturkan dengan semangat bahwa dia bercerita bahwa dirinya berjualan sudah lama,ibarat tanaman padi dari masih pendek hingga berbuah , Tutur nya sambil menikmati rokok tengwe nya(red)