Jenderal Marinir yg melegenda. "Hitam kata bung Karno, hitam kata KKO. Putih kata bung Karno, putih kata KKO." - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Sabtu, 12 Februari 2022

Jenderal Marinir yg melegenda. "Hitam kata bung Karno, hitam kata KKO. Putih kata bung Karno, putih kata KKO."

 


Conexnews id - Letnan Jenderal KKO (Purn.) Hartono (lahir di Solo, 1 Oktober 1927 – meninggal di Jakarta, 6 Januari 1971pada umur 43 tahun) adalah seorang perwira tinggi militer yang sangat loyal kepada Presiden Sukarno.

Ia pernah menjabat sebagai Komandan KKO (sekarang Korps Marinir) dan Menteri/Wakil Panglima Angkatan Laut.

Saat ini nama nya diabadikan menjadi nama Kesatrian di Brigade Infanteri 2/Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Kesatrian Marinir Hartono. yang diresmikan oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Nono Sampono.

Pada saat kepimpinannya KKO AL tengah mengalami perkembangan jumblah personil dan meteriil yang pesat salah satu pandangannya adalah menyingkat waktu untuk pendidikan Tamtama dan Bintara, Perwira dan dilancarkannya kampanye pembebasan Irian Jaya.

Dibidang material saat itu KKO membentuk Pasukan Komando Armada (Paskoarma). Namun sebelum Operasi Jaya Wijaya terlaksana tercapai kesepakatan antara RI - Belanda guna melaksanakan tugas pemulihan keamanan wilayah Irian Barat, KKO AL bersama Kodam XVII/Cenderawasih melancarkan Operasi Sadar (1965-1969) dan Operasi Wibawa (1969).

Ketika berlangsung kofrontasi RI - Malaysia dalam rangka Dwikora. Panglima KKO AL Hartono mengirim beberapa Pasukan KKO AL yang tergabung dalam Paskoarma keperbatasan Kalimantan Timur tahun 1965 .

Pasca meletusnya pemberotakan G 30 S/PKI KKO AL membantu TNI AD dalam usaha membantu pengangkatan jenazah 7 Perwira yang telah jadi korban.

 Sementara itu dalam penumpasan pemberontakan G 30 S/PKI. KKO AL terlibat dalam Operasi Penegak di Jawa Tengah dan Lampung (1965), Operasi Sapu Bersih (Satgas Sarutomo I-III) (1967-1968) di Kalimantan Barat.

JALESU BHUMYAMCA JAYA MAHE.