Wujudkan Peningkatan Hasil Panen, Hippa Makmur Jaya Realisasikan Pembangunan Irigasi tersier Bantuan Pemerintah - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Selasa, 01 November 2022

Wujudkan Peningkatan Hasil Panen, Hippa Makmur Jaya Realisasikan Pembangunan Irigasi tersier Bantuan Pemerintah





PONOROGO  conexnews.id –  Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Makmur Jaya, Desa Kranggan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo melaksanakan pembangunan jaringan irigasi di area persawahan dukuh Krajan, Kranggan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Kucuran Dana APBN tahun 2022 yang dianggarkan   diperuntukkan bagi pembangunan jaringan irigasi, karena air irigasi sangat penting sebagai kebutuhan dasar dalam rangka peningkatan  hasil produksi pangan para petani.

Kontruksi jaringan irigasi yang difokuskan di daerah irigasi dukuh Krajan ini, menggunakan pekerjaan pasangan batu kali atau batu gunung dengan susunan batu muka menggunakan campuran semen dan pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.

“Pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersediaan air. Karena, dengan adanya pembangunan jaringan irigasi ini nanti, akan memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi dalam masa tanam,” ujar Mahmud  Ketua HIPPA Makmur Jaya Desa Kranggan, Kecamatan Sukorejo, selasa Ponorogo (1/11/2022).

Menurut Mahmud, bahwa pembangunan jaringan irigasi sepanjang 335 meter kanan-kiri, dengan tinggi 60 cm dan kedalaman pondasi 30 cm ini, merupakan program kegiatan HIPPA  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Harapannya, dengan adanya saluran irigasi yang baru ini, pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar, terawat dengan baik, dan petani di Desa Kranggan, khususnya di daerah irigasi  ini dapat melaksanakan usaha tani sepanjang tahun tanpa kesulitan pengairan pertanian,” kata  Mahmud



Atas terlaksananya pembangunan jaringan irigasi tersier program dari HIPPA , Mahmud  menyampaikan terima kasih, baik kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani Desa Kranggan merasa terbantu, terutama kaitannya dengan pengairan lahan persawahan jadi lancar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani merasa terbantu, dan harapannya pengairan lancar dan bisa meningkatkan hasil panen petani,“ ungkapnya.

Program-program bantuan pembangunan irigasi semacam ini bisa terus berlanjut, demi kemakmuran dan kesejahteraan para petani Desa Kranggan dengan hasil panen yang melimpah.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan pembangunan irigasi ini, semoga bisa bermanfaat bagi para petani Desa Kranggan dan pengairan sawah menjadi lancar,” pungkasnya. (Eko Conex)