Demo Warga Penyewa Kios Pasar Janti, Pertanyakan Transparansi Retribusi Yang Selama Ini Di Bayar Ke Pemdes Ngrupit - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Kamis, 30 Maret 2023

Demo Warga Penyewa Kios Pasar Janti, Pertanyakan Transparansi Retribusi Yang Selama Ini Di Bayar Ke Pemdes Ngrupit


 




 

Ponorogo conexnews -   Penghuni atau penyewa kios Pasar Janti Ngrupit Lakukan Aksi Unjuk Rasa Di Kantor Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur.

Sebanyak kurang lebih   50 warga Ngrupit berunjuk rasa menyampaikan tuntutan dan aksi unjuk rasa ,Kamis 30 maret 2023 demo digelar di halaman Kantor Desa Ngrupit.

Para  peserta unjukrasa menuntut salah satunya pasar janti tidak di bongkar saat ini ,di kembalikan fungsinya sebagai pasar tradisional , tranparansi PAD , retribusi pasar janti yang selama puluhan tahun yang mereka bayar ke Pemdes Ngrupit, menurut demonstran tidak transparansi.

Pernyataan Sikap demontrasi
masyarakat peduli desa ngrupit menyampaikan sikap terhadap dugaan penyelewengan PAD Desa dan kinerja Kepala Desa  Ngrupit dengan pernyataan sebagai berikut :

1. Menyepakati menghilangkan praktek prostitusi di pasar Janti.
2. Mengembalikan fungsi pasar sesuai fungsinya untuk perekonomian masyarakat sekaligus sebagai sarana peningkatan PAD Desa.
3. Menyampaikan transpransi anggaran PAD desa ngrupit beserta sumbernya sesuai UU keterbukaan informasi publik.
4. Mengusut tuntas dugaan penyelewengan anggaran PAD Desa yang diperoleh dari retribusi lapak / ruko pasar janti
5.Kepala desa  bertanggung jawab penuh terhadap keuangan desa (PAD desa, ADD, DD) serta  kondusif nya masyarakat.


Unjukrasa di kawal ketat oleh  jajaran polsek jenangan  juga babinsa koramil  Jenangan Ponorogo.
 

Yadi salah satu demonstran yang notabene juga warga desa Ngrupit  mengatakan   setiap bulan dan tahun ia selalu membayar retribusi dan air, tapi pihak pemdes tidak ada transparansi untuk apa uang itu,ada selisih antara yang disetorkan warga dan diterima Pemdes, warga penyewa kios, membayarkan ke salah satu perangkat desa.

Kepala Desa Ngrupit  Suherwan mengatakan aksi tersebut menuntut pasar janti tidak di bongkar untuk saat sekarang , sebisanya kita nantinya duduk musyawarah bersama  ,untuk berembug , untuk keputusan gimana nanti .(eco)