PEMDES PACING BANGUN TPT JALAN USAHA TANI GUNA PENINGKATAN HASIL PERTANIAN - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Selasa, 16 Mei 2023

PEMDES PACING BANGUN TPT JALAN USAHA TANI GUNA PENINGKATAN HASIL PERTANIAN


 



 

Ngawi,Conexnews - Pemerintah Desa Pacing, Kecamatan Padas, kabupaten Ngawi, pada tahun 2023 masih memfokuskan penggunaan Dana Desa untuk program nasional.

Walaupun Dana Desa habis terpotong untuk kegiatan BLT Desa Pacing masih bisa membangun akses Jalan Usaha Pertanian untuk peningkatan hasil pertanian.


Kepala Desa Pacing Digdo Budi Santoso mengatakan, sebesar 68 persen dari Dana Desa tahun ini dialokasikan untuk program nasional, diantaranya 40 persen untuk program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), 20 persen untuk ketahanan pangan dan 8 persen untuk penanggulangan Covid-19.

“Untuk pembangunanya, pada tahun ini dititik beratkan pada ketahanan pangan yakni pembangunan jalan usaha tani berupa, pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) yang berlokasi di Dusun Pacing Rt.002 Rw.001 dengan Volume 341 meter, dengan Anggaran Rp.157.400.000,- bersumber dari DD TA 2023,” ucap Kades.

Pelaksanaan dan pengerjaan TPT bahu jalan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Tidak saja mampu memberikan pelayanan akses mobilitas warga yang baik, namun juga dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga masyarakat Desa Begal, pungkasnya.