Kadivre Perhutani Jatim Siap Kerja Sama Dengan Petani Porang Jatim - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Rabu, 16 Juni 2021

Kadivre Perhutani Jatim Siap Kerja Sama Dengan Petani Porang Jatim




SURABAYA Conexnews-id – Kepala Divisi Regional (Kadivre) Perhutani Jawa Timur (Jatim), Karuniawan Purwanto Sanjaya, menyatakan siap bermitra dengan petani porang di seluruh wilayah Jawa Timur.

Hal itu diungkapkannya saat menerima tamu dari petani porang pada beberapa waktu lalu di kantornya.

“Dengan senang hati dan terbuka, secara kedinasan maupun pribadi kami siap bermitra dengan petani porang dari Banyuwangi sampai Magetan,” tuturnya.

Sebagai bentuk dorongannya, pihaknya memberikan masukan agar ke depan petani porang jangan hanya menggunakan tehnik budidaya saja, melainkan juga pembesaran yang dimulai dari bibit, mengingat ketersediaan benih semakin langka. Maka dengan menerapkan berbagai cara tersebut, hasil dari porang dapat diperoleh dengan maksimal.

“Petani porang jangan hanya budidaya saja, artinya bisnis tidak hanya porang tetapi justru bibit ini yang menjadi langka sekarang. Kalau berbicara nilai tambah, porang itu juga bisa dibesarkan dengan cara beli kecil lalu dibesarkan,” tambahnya.
Ia mengaku, hingga kini Perum Perhutani telah memiliki semacam ikatan dengan 1800-an desa yang berdekatan dengan kawasan hutan yang telah dibentuk Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Dan yang pertama mengawali tanam porang yakni di wilayah Gunung Pandan atau tepatnya di perbatasan Bojonegoro dengan Saradan.(Anik)