Perkuat Wawasan Kebangsaan Dan Menjaga Persatuan Bangsa, PKC PMII Kalbar Lakukan Hal Ini - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Minggu, 17 September 2023

Perkuat Wawasan Kebangsaan Dan Menjaga Persatuan Bangsa, PKC PMII Kalbar Lakukan Hal Ini






KUBU RAYA conexnews.id - Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kalimantan Barat Bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Laksanakan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan Sebagai upaya Mempererat Persatuan dalam Kebhenikaan dengan menghadirkan Mahasiwa-mahasiswi Kader PMII Se-Kalbar di Aula Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar di Jalan Arteri Supadio Kubu Raya, Sabtu (16 September 2023).


Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan PKC PMII Kalbar itu Menghadirkan Narasumber, Rektor UNU Kalbar, Dr Rahmat Sahputra, M.Si., Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Barat, Drs Manto, M.Si, Psikolog dan dari Polda Kalbar, Kompol Teguh Purwo Nugroho.


Secara resmi Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar, Dr Rahmat Sahputra, M.Si dengan pembuka memberi semangat Kebangsaan dan Narasi Kebhenikaan dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia harus terus dijaga dan dirawat oleh semua komponen yang salah satunya adalah kaum muda mahasiswa dan mahasiswi.


Sementara itu dalam pemaparan yang disampaikan oleh  Kompol Teguh  Purwo Nugroho lebih memberikan informasi dan edukasi tentang wawasan kebangsaan dan peran semua elemen dalam menjaga persatuan dan kesatuan.


"Sejarah Bangsa ini dibangun berdasar perjuangan semua elemen dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan, Dahulu Kerajaan di Nusantara ini, Kemudian elemen Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda SE Nusantara sehingga terwujudlah kemerdekaan bangsa Ini dengan mengedepankan Kebhenikaan," jelasnya.


Ia Mengatakan Indonesia ini adalah salah satu negara yang memperoleh Kemerdekaan dari hasil perjuangan, karena ada beberapa negara yang kemerdekaan karena hadiah atau pemberian.


"Sejarah panjang Negara kita ini dari jaman kerajaan hingga kemudian terwujud Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tentu harus kita ketahui dan kemudian menjadikan wawasan kebangsaan kita meningkat," ungkap Kompol Teguh.


Hal senada disampaikan Kaban Kesbangpol Kalbar, Dr Manto, M.Si, dalam pemaparannya Ia mengajak peserta Kuliah Umum untuk merefleksi sejarah perjuangan bangsa ini.


"Negara kita ini terdiri dari berbagai suku bangsa dan berdiri diatas Kebhenikaan sehingga merawat dan menjaganya menjadi tugas kita semua," ujarnya.


Manto mengatakan saat ini dimana perkembangan tekhnologi dan informasi sangat berkembang perlu sekali penguatan wawasan kebangsaan dari semua elemen bangsa, seperti halnya yang dilakukan PKC PMII dan UNU Kalbar ini.


“Apa yang dilakukan PKC PMII ini tentu sangat membantu peran Kesbangpol, karena pentingnya wawasan kebangsaan dari semua pihak termasuk kaum muda seperti Kader PMII ini,” jelasnya.


Menurut Wakil Ketua bidang Eksternal PKC PMII Kalbar, Mustakim Lespatih, Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan Sebagai upaya Mempererat Persatuan dalam Kebhenikaan dengan menghadirkan Mahasiwa-mahasiswi Kader PMII Se-Kalbar.


“Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami lebih banyak membuka ruang diskusi dari kader-kader PMII sebagai peserta, karena ini sebagai bahan dan edukasi penytingnya penguatan wawasan kebangsaan bagi kaum muda,” ucapnya.


Mustakim mengatakan sebagai kaum Muda generasi penerus bangsa ini, hal yang berkaitan dengan penguatan wawasan kebangsaan sangat perlu dilakukan, karena menurut Mustakim Kaum Muda saat ini adalah pelanjut estafet kepemimpinan Bangsa dan Negara ini kedepannya.


“Harapanmnya adalah kedepan generasi muda kita ini semakin memahami tentang wawasan kebangsaan dan  memperkuat Kebhenikaan sehingga dap[at menjaga serta merawat persatuan dan kesatuan Bangsa,” pungkas Mustakim. (Wulan).